1. Proses komunikasi adalah proses....
|
A.pengiriman
dan penerimaan suatu pesan di antara para penutur suatu bahasa
|
|
B.penyesuaian
terhadap lingkungan baru
|
|
C.
pewarisan budaya atau tradisi yang diajarkan turun temurun
|
|
D.pengadopsian
tradisi budaya
|
2. Wartawan merupakan salah satu jenis
profesi yang harus memiliki keterampilan berbahasa ....
|
A. membaca
dan menyimak
|
|
B. membaca
dan menulis
|
|
C. membaca
dan berbicara
|
|
D.
membaca, menulis, menyimak dan berbicara
|
3. Jenis keterampilan berbahasa yang
bersifat produktif adalah ....
|
A. menulis
dan membaca
|
|
B.
mendengarkan dan berbicara
|
|
C.
berbicara dan menulis
|
|
D.
mendengarkan dan membaca
|
4. Contoh kegiatan berbahasa yang
bersifat interaktif adalah ....
|
A.
mendengarkan khotbah Jumat di masjid
|
|
B.
menyimak pidato pembukaan sebuah pusat perbelanjaan
|
|
C. rapat
anggota Dewan Perwakilan Rakyat
|
|
D.
menonton suatu pementasan teater di Taman Ismail Marzuki
|
5. Yang merupakan contoh berbicara
secara noninteraktif adalah ....
|
A.
berpidato secara langsung pada acara peringatan Hari Kemerdekaan R.I.
|
|
B.
bertelepon melalui telepon seluler
|
|
C.
berusaha menawar alat elektronik di suatu pertokoan
|
|
D.
berpidato melalui radio atau televisi
|
6. Berikut ini yang merupakan
keterampilan mikro yang harus dimiliki ketika menulis, yaitu ....
|
A.
menggunakan bentuk kata dengan benar
|
|
B.
mengenal sistem tulisan yang digunakan
|
|
C.
menentukan makna kata-kata, termasuk kosakata sulit
|
|
D. menebak
makna dari konteks
|
7. Yang merupakan persamaan antara
keterampilan mendengarkan dengan membaca adalah ....
|
A. kedua
kegiatan tersebut bersifat reseptif
|
|
B. kedua
kegiatan tersebut bersifat produktif
|
|
C. kedua
kegiatan tersebut merupakan hasil akal budi manusia dalam berbahasa
|
|
D. kedua
kegiatan tersebut merupakan kajian dalam ilmu bahasa
|
8. Sekalipun berbicara dan menulis
merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif namun dalam proses
komunikasi keduanya berbeda, yaitu ....
|
A.
berbicara bersifat langsung, menulis bersifat tidak langsung
|
|
B.
berbicara bersifat tidak langsung, menulis bersifat langsung
|
|
C.
berbicara memerlukan tempat, menulis tidak memerlukan tempat
|
|
D.
berbicara tidak memerlukan tempat, menulis memerlukan tempat
|
9. Tataran identifikasi dan seleksi
tanpa retensi adalah tataran menyimak di mana penyimak diharapkan mampu ....
|
A.
mengenal bunyi-bunyi dan memahaminya dalam taraf terpimpin
|
|
B.
mengenal berbagai jenis bunyi suatu bahasa, kata-kata, frase-frase dan
kalimat dalam hubungan timbal balik antarunsur
|
|
C.
mengenal bunyi-bunyi dan kemampuan memahami sesuatu unit ujaran, tetapi belum
dituntut adanya kemampuan merencanakan, menyimpan, dan memproduksi
|
|
D.
menyimak kontinum wacana yang panjang, baik ragam bacaan, cerita-cerita
menarik, berita surat kabar, dan sebagainya
|
10. Dalam menangkap gagasan inti
simakan, kita dapat melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah ....
|
A.
memperhatikan tanda-tanda baca, ejaan, dan berkonsentrasi penuh dalam
menangkap gagasan
|
|
B.
memusatkan perhatian dan memuat catatan, dan menjawab latihan-latihan yang
ada.
|
|
C.
menuangkan setiap gagasan dan pikiran secara tepat dan efektif
|
|
D.
mengekspresikan pikiran dan perasaan dalam bentuk tuturan
|
11. Menyimak kritis adalah jenis
menyimak yang ....
|
A.
dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk memberikan penilaian secara objektif.
|
|
B.
dilakukan untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas
|
|
C.
dilakukan dengan penuh perhatian untuk mendapatkan informasi baru
|
|
D.
dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang akurat
|
12. Hal-hal yang harus diperhatikan
ketika bercerita adalah ....
|
A.
penguasaan dan penghayatan cerita, pemilihan dan penyusunan kalimat,
pengekspresian yang alami.
|
|
B.
memberikan hiburan, mengajarkan kebenaran, memberikan keteladanan
|
|
C.
memahami pendengar, menguasai materi cerita, menguasai olah suara
|
|
D.
menentukan ide, mengembangkan ide, menuangkan ide
|
13. Sebelum melakukan debat, peserta
debat sebaiknya melakukan persiapan untuk ....
|
A.
persiapan untuk menyusun materi dan argumentasi dengan referensi yang memadai
|
|
B.
persiapan untuk menciptakan suasana yang dramatik
|
|
C.
persiapan untuk memilih topik yang menarik
|
|
D.
persiapan untuk melakukan tanya jawab
|
14. Kegiatan berbahasa dalam bentuk
tukar pikiran secara teratur dan terarah dalam kelompok besar atau kecil adalah
....
|
A. pidato
|
|
B. diskusi
|
|
C.
musyawarah
|
|
D.
kampanye sebuah partai politik.
|
15. Agar pidato menjadi efektif dan
komunikatif, sebaiknya dalam memilih kata-kata, haruslah ....
|
A.
memberikan pujian kepada khalayak atas prestasi mereka
|
|
B.
menggunakan kata-kata yang sederhana, agar mudah dipahami dengan cepat
|
|
C. banyak
menggunakan istilah asing agar lebih berbobot
|
|
D.
menggunakan kata-kata bermakna konotatif
|
16. Cara yang baik dalam menyampaikan
sanggahan ketika berdiskusi adalah ....
|
A. secara
santun dan tidak berbelit-belit
|
|
B. dengan
suara keras dan tegas
|
|
C.
disertai kata pembuka dan penutup
|
|
D.
mengemukakan berbagai argumen yang dapat mematahkan argumen pembicara
|
17. Beberapa hal yang harus diperhatikan
dalam memberikan tanggapan ketika berdiskusi adalah ....
|
A.
mengangkat kehidupan pribadi pembicara dan karya-karyanya
|
|
B.
berhemat dalam menggunakan kata-kata serta melembutkan nada/suara
|
|
C.
dilakukan dengan berprasangka dan emosi yang tinggi
|
|
D.
tanggapan harus berhubungan dengan pembahasan bersifat objektif dan memuaskan
berbagai pihak
|
18. Bagaimana cara menutup pidato yang
baik ....
|
A.
menghubungkan dengan peristiwa yang sedang diperingati
|
|
B.
melukiskan latar belakang masalah
|
|
C.
dilakukan dengan cara bertukar informasi dan tanya jawab
|
|
D.
menyatakan kembali gagasan utama dengan kalimat dan kata yang berbeda
|
19. Membaca scanning adalah jenis
keterampilan membaca yang dilakukan dengan cara ....
|
A.
menangkap kata kunci yang menandai informasi khusus dengan sangat cepat
|
|
B. membaca
teks dengan cepat guna memperoleh gambaran umum tentang teks tersebut
|
|
C.
memahami wacana atau bacaan dengan tepat
|
|
D.
mengulang-ulang bagian bacaan atau kalimat yang sulit dipahami
|
20. Berikut ini yang merupakan contoh
kegiatan yang memerlukan keterampilan membaca bersuara adalah ....
|
A. para
siswa berpidato
|
|
B. bermain
drama
|
|
C.
mendengarkan musik
|
|
D. menulis
laporan
|
21. Kalimat berikut ini yang memiliki
kata bersinonim yakni ....
|
A. Kau
selalu ada di hati setiap orang yang memujamu
|
|
B. Semua
orang, baik laki-laki, perempuan, anak-anak, orang
tua, berbondong-bondong pergi ke pasar malam tersebut
|
|
C. Bunga Mawar
adalah bunga pujaan sebagian besar perempuan
|
|
D.
Pencemaran udara memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap rendahnya
kesehatan masyarakat
|
22. Berikut ini yang merupakan contoh
kata umum dalam sebuah kalimat adalah ....
|
A. Alat
komunikasi pada saat ini sudah sangat canggih.
|
|
B. Surat
kabar tersebut sangat memperhatikan penggunaan bahasa dalam
berita-beritanya.
|
|
C. Perahu
sangat dibutuhkan di Pulau Kalimantan
|
|
D. Tidak
ada korelasi antara jenis kelamin dan usia produktif terhadap minat
baca.
|
23. Kata bergaris miring pada kalimat
berikut ini yang bukan merupakan kata kajian yaitu ....
|
A. Kulit
orang Indonesia berwarna putih kekuningan atau kuning kecoklatan, menandakan
kulit yang banyak mengandung pigmentasi.
|
|
B.
Menurutnya, fenomena itu terjadi karena budaya Indonesia yang masih
menilai perempuan karena kecantikannya.
|
|
C. Semua
diproses secara alami untuk menjaga kesegaran dan rasa susu yang
lezat.
|
|
D. Kita
terbiasa disuapi propaganda tentang apa yang baik dan buruk secara
seragam.
|
24. Syarat pemakaian kalimat efektif
untuk penulisan sebuah karangan adalah ....
|
A.
Sekurang-kurangnya terdapat unsur subjek dan predikat, kehematan,
kesejajaran, kevariasian dan penekanan
|
|
B.
Sebaiknya terdapat pemenggalan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda
baca
|
|
C.
Sebaiknya terdapat gagasan utama, kalimat utama, kalimat penjelas,
contoh-contoh dan fakta-fakta
|
|
D.
Sebaiknya memperhatikan penggunaan kata yang bermakna sinonim dan antonim,
denotasi dan konotasi, kata umum dan kata khusus, kata populer dan kata
kajian
|
25. Berikut ini penggunaan yang benar
untuk tanda baca titik dua, dalam penulisan berikut adalah ....
|
A. Kita
harus menghindari hadirnya stres dalam hidup kita, hal tersebut ditandai
dengan gejala-gejala seperti: timbulnya depresi dan kecemasan berlebihan.
|
|
B.
Yulianto, B. 1996. Teori Belajar Bahasa. Surabaya : Penerbit IKIP
Surabaya.
|
|
C.
Sukarton, Lastri Fardani. 1998 : Gunung Biru di Atas Dusunku. Jakarta,
PN Balai Pustaka.
|
|
D. Hasil
tes yang dilakukan seperti itu banyak mengandung kelemahan, diantaranya :
frekuensi tes yang hanya dua kali.
|
26. Penalaran deduktif adalah ....
|
A.
Pengembangan paragraf dengan cara menyajikan serangkaian kalimat penjelas
terlebih dahulu dan diakhiri dengan kalimat utama.
|
|
B.
pengembangan paragraf kalimat utama yang berisi gagasan utama diikuti oleh
kalimat-kalimat penjelas.
|
|
C. pengembangan
paragraf dimana pokok pikiran utama yang dikemukakan kembali pada akhir
paragraf.
|
|
D.
paragraf yang dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap suatu objek
|
27. Jika Anda termasuk dalam kelompok
yang gampang naik darah, ada cara mudah dan murah menurunkan tensi darah. Anda
cukup mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur atau dua buah apel dan dua tomat
sehari. Menurut para peneliti dari Jerman, semakin banyak perempuan mengonsumsi
produk segar, semakin rendah tekanan darah mereka. Hal tersebut disebabkan efek
kombinasi vitamin C, pottasium, kalsium, dan nutrisi lain dalam sayur dan buah
segar tersebut. (Chic no.03-III. 28 Maret- 12 April 2007) Contoh
paragraf tersebut menggunakan jenis penalaran ....
|
A.
deduktif
|
|
B.
induktif
|
|
C.
deduktif – induktif
|
|
D. naratif
|
28. Paragraf narasi adalah ....
|
A.
Paragraf yang di dalamnya terdapat rangkaian peristiwa dan disajikan menurut
urutan waktu
|
|
B.
Paragraf yang biasanya dikembangkan berdasarkan hasil pengamatan terhadap
suatu objek
|
|
C.
Paragraf yang di dalamnya terdapat data dan fakta yang digunakan untuk
meyakinkan pembacanya
|
|
D.
Paragraf yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya
|
29. Perhatikan paragraf berikut ini!
Jika saat
ini banyak produk menawarkan pemutih kulit, orang jangan lantas percaya begitu
saja. Beberapa waktu yang lalu pernah ditemukan krim pemutih kulit yang
mengandung logam berat seperti merkuri yang maksudnya untuk membuat kulit mulus
dan putih. Namun tanpa disadari merkuri ini justru berbahaya karena bisa
merusak organ tubuh, salah satunya ginjal.
Paragraf
tersebut termasuk jenis paragraf ....
|
A.
deskripsi
|
|
B.
argumentasi
|
|
C.
persuasi
|
|
D. narasi
|
30. Berikut ini bukan kriteria yang
dapat dipakai dalam pemilihan topik karangan adalah ....
|
A. menarik
perhatian penulis
|
|
B. aktual
|
|
C.
bahan-bahan yang diperlukan mudah diperoleh
|
|
D. topik
yang dipilih berasal dari pengalaman sehari-hari
|
31. Pernyataan yang menggambarkan adanya
hubungan antara keterampilan berbicara dengan keterampilan menyimak adalah ....
|
A. proses
berbicara secara alami selalu berpadu dengan proses menyimak, tidak ada orang
yang mau berbicara tanpa ada yang mau menyimak
|
|
B.
kemampuan yang mencakup kedewasaan mental, penguasaan kosakata, kemampuan
mengikuti urutan ide-ide, dan minat terhadap bahasa
|
|
C.
keterampilan berbicara akan diperoleh secara maksimal apabila pembicara
selalu berperan menjadi pendengar
|
|
D.
keterampilan berbicara akan diperoleh secara optimal apabila kita sering
melihat orang menulis.
|
32. Berikut ini yang termasuk contoh
keterpaduan keterampilan berbicara dengan fokus menyimak adalah ....
|
A. siswa
mendengarkan penyajian seorang moderator tentang hal-hal yang berkaitan
dengan kegiatan diskusi, setelah beberapa temannya ketika berdiskusi, setelah
itu mereka mengajukan pertanyaan tentang topik diskusi
|
|
B. siswa
membaca naskah pertunjukan drama, setelah itu guru mengadakan diskusi dengan
siswa untuk berlatih drama
|
|
C. siswa
membuat tulisan tentang kenaikan harga kebutuhan pokok, kemudian
membacakannya di depan kelas
|
|
D. siswa
berpidato di depan kelas kemudian guru dan teman-temannya mendiskusikan
kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pidato tersebut
|
33. Pernyataan yang menjelaskan hubungan
antara membaca dengan menyimak adalah ....
|
A.
Menyimak dan membaca memerlukan kesiapan yang sama, yakni menguasai
simbol-simbol bahasa, memiliki pengetahuan, yang berkaitan dengan materi
simakan, diksi dan gaya bahasa
|
|
B.
Menyimak menjadikan seseorang lebih suka membaca
|
|
C. Membaca
menjadikan seseorang lebih terpengaruh untuk sering menyimak
|
|
D.
Menyimak dan membaca dapat berlangsung dalam situasi formal saja
|
34. Berikut ini yang merupakan contoh
kegiatan keterpaduan keterampilan membaca dengan fokus menyimak adalah ....
|
A. Setelah
menyimak penjelasan tentang penyakit yang berjangkit akhir-akhir ini, siswa
ditugasi membaca wacana kesehatan yang berjudul “flu burung”. Kemudian siswa
diminta menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hal tersebut.
|
|
B. Siswa
menyimak rekaman video mengenai kenaikan harga bahan-bahan pokok. Kemudian
guru meminta siswa menyimpulkan apa yang mereka lihat secara lisan.
|
|
C. Guru
meminta siswa mengamati alam sekitar, kemudian membuat cerita secara lisan
berdasarkan apa yang mereka simak tadi.
|
|
D. Siswa
diberi tugas untuk membuat tulisan tentang bencana alam, kemudian salah satu
dari mereka diminta membacakan hasil tulisannya di depan kelas, sementara itu
teman-teman lainnya menyimak.
|
35. Kegiatan berikut ini yang merupakan
contoh keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus menyimak, adalah ....
|
A.
Sekelompok siswa membuat naskah drama 1 babak, kemudian dipentaskan di depan
kelas, sementara itu siswa lain menyimaknya.
|
|
B. Siswa
diajak untuk menonton pementasan pembacaan puisi. Setelah itu mereka diminta
untuk membuat parafrase dari salah satu puisi yang telah dibacakan tadi.
|
|
C. Siswa
diminta untuk membuat tulisan argumentasi, kemudian mereka memasang tulisan
mereka di majalah dinding.
|
|
D. Siswa
bersama guru membahas mengenai sebuah artikel tentang banjir dan dampak yang
sedang dihadapi. Setelah itu, guru menugasi siswa-siswa untuk menuliskan
kesimpulan dari hal yang telah didiskusikan.
|
36. Berikut ini yang merupakan contoh
kegiatan keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus berbicara adalah ....
|
A. Siswa
mendengarkan dialog yang disajikan dalam bentuk rekaman kaset, kemudian
mereka membuat kesimpulan dari dialog tersebut secara tertulis.
|
|
B. Seorang
siswa bercerita/mendongeng di depan kelas, siswa lain menyimak dengan baik,
kemudian mendiskusikan isi dan pelaksanaan/cara siwa tersebut bercerita.
|
|
C. Setelah
menguasai naskah drama siswa mendemonstrasikan drama tersebut di depan kelas.
|
|
D. Guru
menjadi model dalam membacakan puisi sementara itu siswa-siswanya menyimak
pembacaan puisi tersebut
|
37. Cara yang baik untuk memilih tema
karangan adalah ....
|
A. mencari
aspek tema, yang sesuai dengan kemampuan dan dapat diolah agar mudah ataupun
yang disukai
|
|
B.
memperhatikan penggunaan judul baik judul rangkap maupun judul lengkap
|
|
C.
menentukan sasaran pembaca yang nantinya akan membaca hasil karangan tersebut
|
|
D.
menentukan tema sesuai dengan keahlian
|
38. Karangan yang memaparkan pengelolaan
peternakan ikan patin, mulai membuat kolam pembibitan jenis pakan, sampai pada
tahap pemasaran merupakan jenis karangan narasi ekspositoris. Adapun karangan
narasi sugestif, biasanya menyajikan ....
|
A. Kisah
legenda Gunung Bromo, yang di dalamnya terdapat unsur tema, alur, penokohan,
latar tempat, sudut pandang dan amanat yang terdapat pada cerita tersebut.
|
|
B. Ulasan
berita di surat kabar mengenai tindak kekerasan yang meningkat di Indonesia.
|
|
C.
Informasi tentang keindahan alam provinsi Sulawesi Selatan
|
|
D. Kisah
nyata peristiwa tenggelamnya kapal penumpang di Laut Jawa.
|
39. Berikut ini yang merupakan contoh
keterpaduan keterampilan menulis dengan fokus berbicara adalah ....
|
A. menulis
sebuah cerita anak-anak, kemudian menceritakan kembali dengan gaya mendongeng
di depan kelas.
|
|
B. siswa
menulis sebuah puisi, setelah itu guru membacakan sebuah puisi yang dianggap
paling baik di depan kelas
|
|
C. siswa
membaca sebuah puisi, kemudian memparafrasekannya menjadi sebuah cerpen
|
|
D. guru
memberikan salinan salah satu hasil tulisan siswa, kepada siswa-siswa
lainnya, kemudian mereka diminta menanggapi dari segi ejaan dan tanda bacanya
|
40. Yang merupakan kegiatan keterpaduan
keterampilan membaca dengan fokus berbicara adalah ....
|
A. Siswa
diminta untuk membaca sebuah cerpen, kemudian beberapa siswa menanggapi isi
cerpen dan unsur-unsurnya secara lisan.
|
|
B. Siswa
berdiskusi dengan teman-temannya mengenai jenis-jenis karya sastra.
|
|
C. Seorang
siswa membaca sebuah artikel tentang perindustrian, kemudian siswa lain
mencatat istilah dari kata-kata yang tidak mereka pahami, mengenai
perindustrian.
|
|
D. Guru
membacakan sebuah cerita rakyat Jawa, yaitu Roro Jonggrang. Setelah itu para
siswa mengambil kesimpulan berupa amanat dari cerita tersebut.
|
41. Berikut ini kegiatan yang merupakan
keterpaduan keterampilan menyimak dengan fokus menulis, kecuali ....
|
A.
menyimak sebuah lagu, kemudian menulis isi lagu dengan bahasa sendiri
|
|
B.
mahasiswa menyimak materi sebuah matakuliah, kemudian dosen meminta mahasiswa
membuat ringkasan dari hasil simakannya.
|
|
C. siswa
menyimak sebuah lagu karya Iwan Fals, yang berjudul “Oemar Bakrie”, setelah
itu mereka diminta untuk membuat artikel atau yang berhubungan dengan lagu
yang telah didengar tadi.
|
|
D. siswa
Sekolah Dasar, mendengarkan dongeng yang diceritakan di depan kelas oleh
gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat puisi berdasarkan dongeng yang
telah mereka simak.
|
42. Berikut ini yang merupakan kegiatan
terpadu keterampilan berbicara dengan fokus menulis, adalah ....
|
A.
melakukan wawancara untuk memperoleh data dalam rangka membuat laporan
penelitian
|
|
B.
menceritakan pengalaman pribadi yang berkesan dalam bentuk tulisan kemudian
dibacakan di depan kelas
|
|
C.
menyimak sebuah dialog interaktif di televisi kemudian menulis sebuah artikel
mengenai topik dialog yang disimaknya
|
|
D. seorang
siswa berpidato di depan kelas sementara siswa-siswa lainnya menyimak
kemudian memberikan tanggapan dalam bentuk tulisan
|
43. Keterpaduan keterampilan membaca
dengan fokus menulis dapat dilihat pada kegiatan berikut ini :
|
A. Siswa
menulis sebuah naskah drama kemudian mereka ditugasi untuk mementaskan naskah
drama yang telah dibuat secara
|
|
B. Para
siswa diminta untuk membaca sebuah cerpen anak-anak, kemudian mereka
melanjutkan membuat resensi dari cerpen tersebut
|
|
C.Guru
membacakan sebuah dongeng, setelah itu siswa mengungkapkan amanat yang
terkandung dalam cerita secara lisan
|
|
D. Siswa
membacakan sebuah artikel yang menarik di depan kelas, dan guru mengajukan
beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal tersebut
|
44. Keterpaduan keterampilan menyimak
dan berbicara dengan fokus membaca terdapat pada kegiatan ....
|
A. Setelah
membaca sebuah novel anak-anak, siswa kemudian menyimak diskusi mengenai
unsur intrinsik dan ekstrinsik, selanjutnya siswa lainnya mengajukan
tanggapan maupun pertanyaan secara lisan berkaitan dengan kehidupan anak-anak
pada zaman sekarang.
|
|
B. Guru
membacakan sebuah puisi, siswa menyimaknya, kemudian mereka berdiskusi dengan
guru, usai pembacaan puisi tersebut.
|
|
C. Seorang
siswa membacakan puisi, siswa lain menyimaknya, kemudiam mereka membuat
parafrase dari puisi yang telah dibacakan tadi.
|
|
D. Siswa
menyimak pementasan drama, kemudian mereka membaca sebuah novel dengan tema
yang sama dengan drama yang telah dipentaskan, kemudian mendiskusikannya
dengan guru mereka.
|
45. Berikut ini yang merupakan kegiatan
terpadu keterampilan menulisdengan fokus membaca, kecuali ....
|
A. setelah
membaca sebuah artikel yang berjudul “Kenaikan Harga-Harga Bahan Pokok”
siswa-siswa diminta untuk mengisi bagian-bagian teks dengan tema yang sama,
dimana bagian-bagian teks itu telah dikosongkan.
|
|
B. setelah
membaca sebuah cerita, siswa menceritakan kembali cerita tersebut secara
lisan
|
|
C. setelah
membaca sebuah cerpen bertema kebangkitan nasional, siswa kemudian membuat
kesimpulan dari bacaan tersebut
|
|
D. setelah
membaca legenda suatu daerah di Indonesia, siswa kemudian mencari kata-kata
yang sulit dimengerti oleh mereka, untuk kemudian dicari maknanya di dalam
kamus
|
46. Berikut ini yang termasuk manfaat
bercerita adalah ....
|
1. mengajarkan kebenaran
|
|
2. memberikan keteladanan
|
|
3. menguasai cerita
|
47. Berikut ini yang termasuk jenis
membaca ekstensif adalah ....
|
1. membaca sekilas
|
|
2. membaca dangkal
|
|
3. membaca sastra
|
48. Kata bergaris miring pada kalimat
berikut ini yang mengandung denotasi adalah ....
|
1. Upaya menjaga kebersihan makanan menjadi syarat utama dalam
mengelola rumah makan
|
|
2. Kulit yang berkilau dan cerah menjadi dambaan setiap
wanita Indonesia
|
|
3. Susu ini diproses secara higienis
|
49. Kalimat berikut ini yang memiliki
kata abstrak adalah ....
|
1. Restoran ini sangat cocok untuk pecinta kuliner
|
|
2. Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah
|
|
3. Saat diproduksi, tablet dibentuk terlalu padat sehingga perut
perlu waktu lebih dari 45 menit untuk memecahkannya.
|
50. Berikut ini kalimat yang memiliki kata asing
adalah kalimat ....
|
1. Akibat kebersihan air yang tidak terjaga, kita beresiko terpapar air
yang terkontaminasi kuman.
|
|
2. Bank swasta tersebut memiliki jumlah costumer yang cukup besar
di Indonesia.
|
|
3. Jangan dulu memberikan judgment bahwa seseorang tersebut tidak
suka pada kita sebelum kita mengenalnya dengan baik.
|

0 komentar:
Posting Komentar