LAPORAN
PRAKTIK
PEMBELAJARAN
TERPADU DI SD (
PDGK 4205 )
MASA UJIAN 2014.1
DISUSUN
OLEH :
NAMA : AHMAD YUSUP
NIM :
821981667
SEMESTER :
III (TIGA)
POKJAR :
BANJAR AGUNG
KABUPATEN TULANG
BAWANG
UNIVERSITAS TERBUKA (UT)
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) BANDAR LAMPUNG
TAHUN 2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya
ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan taufik-Nya
sehingga saya selaku mahasiswa S1 PGSD Guru Kelas, Kelompok Belajar Banjar
Agung, Kabupaten Tulang Bawang, dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Terpadu ini sebagai suat rangkaian pada
mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD semester III (tiga) masa ujian 2014.1.
Laporan ini merupakan bagian yang tak
terpisahkan dari mata kuliah Pembelajaran Terpadu di SD. Saya dengan segala
kerendahan hati menyadari bahwa banyak sekali kekurangan yang terdapat di dalam
penyusunan laporan ini. Maka dari itu saya mohon bimbingannya demi kebaikan
saya di masa-masa yang akan datang.
Selain
itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Bapak Suroto,
S. Pd selaku pengelola Program S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar Banjar
Agung yang telah membantu saya secara administrasi.
2.
Ibu Dra. Emi
Winarsih, selaku tutor dan pembimbing praktik pembelajaran terpadu.
3.
Bapak Nur Said,
A.Ma.Pd selaku Kepala SDN 02 Balam Jaya yang memberikan fasilitas dan sarana
praktik pembelajaran terpadu di sekolah.
4.
Ibu Dwi
Kusumawati, S.Pd selaku teman sejawat yang selalu memberikan masukan dan
penilaian pada pelaksanaan praktik di sekolah.
5.
Semua pihak
yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
Demikian sepatah kata
dari saya sebagai pengantar pada laporan ini, semoga laporan ini dapat
bermanfaat bagi diri saya sendiri khususnya dan bagi teman-teman semua pada
umumnya selaku mahasiswa serta dapat menjadi sumbangsih untuk memajukan
pendidikan di tempat kerja masing-masing.
Banjar Agung, Juni 2014
Mahasiswa
AHMAD
YUSUP
NIM.
821981667
DAFTAR ISI
Halaman
1.
HALAMAN JUDUL
i
2.
KATA PENGANTAR
ii
3.
DAFTAR ISI
iii
4.
TEMA 1 : BHINNEKA
TUNGGAL IKA
A.
Peta
Jaring-Jaring Tematik
2
B.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
3
C.
Bahan Ajar
9
D.
Lembar Kerja
Siswa
12
E.
APKG 1
15
F.
APGG 2
18
G.
Lembar
Refleksi
22
5.
TEMA 2 : KEKAYAAN
ALAM
A.
Peta
Jaring-Jaring Tematik
24
B.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu
25
C.
Bahan Ajar
32
D.
Lembar Kerja
Siswa
36
E.
APKG 1
37
F.
APGG 2
40
G.
Lembar
Refleksi
44
H. Lembar Penilaian Simulasi Pembelajaran
Terpadu
45
I. Rekapitulasi Nilai Praktik
46
6. PENUTUP
47
7. DAFTAR PUSTAKA
48
8. LAMPIRAN
SATUAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 3 SEMESTER 2
TEMA : BHINNEKA
TUNGGAL IKA
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
1.
BAHASA INDONESIA
2.
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
3.
ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
|
TEMA
|
:
|
BHINNEKA TUNGGAL IKA
|
KELAS /SEMESTER
|
:
|
3 (TIGA)/ 2 (DUA)
|
WAKTU
|
:
|
3 X 35 MENIT (1 KALI PERTEMUAN)
|
I.
KOMPETENSI
DASAR
BAHASA INDONESIA
|
:
|
·
Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui
membaca intensif
|
PKN
|
:
|
·
Mengenal kekhasan
bangsa Indonesia, seperti kebhinnekaan, kekayaan alam, dan keramahtamahan
|
IPS
|
:
|
·
Melakukan
kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa IPS
|
II.
INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
|
:
|
·
Menirukan cara
membaca yang benar sesuai dengan intonasi yang tepat
·
Menjawab
pertanyaan guru tentang isi teks ”Aku dan Temanku”
|
PKN
|
:
|
·
Menjelaskan
pengertian Bhinneka Tunggal Ika
|
IPS
|
:
|
·
Mengidentifikasi perilaku kerjasama sebagai bentuk kebersamaan
di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan
|
III.
MATERI POKOK
·
Bhinneka tunggal
ika
·
Membaca teks secara
intensif
·
Kerja sama di
lingkungan
IV.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Informasi
·
Diskusi
·
Penugasan
V.
STRATEGI PEMBELAJARAN
a . Kegiatan
Awal/Pendahuluan
·
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama dan keyakinan masing-masing
·
Mengabsensi kehadiran siswa
·
Memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran dengan sungguh-sungguh
·
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Bhinneka
Tunggal Ika” (halaman 119) sambil menggerakkan anggota badan sesuai dengan
syair lagu
·
Bertanya jawab tentang syair lagu yang
menggambarkan tekad bersama untuk membina persatuan bangsa dan kesatuan jiwa.
Meskipun berbhinneka, berbeda-beda, tetapi tetap dalam tekad yang satu, yaitu
Indonesia bahagia
·
Menginformasikan tema yang akan dipelajari
bersama (Bhinneka Tunggal Ika)
b. Kegiatan Inti
5)
Bertanya
jawab tentang isi materi dalam bacaan:
6)
Semua siswa diminta berkelompok dengan teman sebangkunya
7)
Guru menjelaskan betapa penting bekerja sama meskipun
dengan orang yang berbeda dengan kita sekalipun baik di lingkungan rumah, sekolah, dan
kelurahan
8)
Semua kelompok ditugaskan untuk mengerjakan dan menjawab
pertanyaan, tentang :
·
Apakah kalian memiliki pengalaman berteman dengan teman
yang berbeda suku atau agama?
·
Bagaimana caramu menjaga kerukunan dengan teman yang
berbeda suku atau agama?
·
Bagaimana caramu menjaga kesehatan rumah?
9)
Semua kelompok diminta menulis dan menceritakan hasil
diskusi atau pembahasan dari permasalahan diatas, kemudian ditugaskan untuk
bercerita di depan kelas (apabila waktunya tidak mencukupi, maka hasil tulisannya
dikumpulkan sebagai salah satu bahan portofolio kelompok)
10) Setiap siswa masih bersama
kelompok teman sebangkunya ditugaskan untuk menulis jawaban di lembar kerja siswa yang telah disediakan
11) Semua hasil tugas
dikumpulkan kepada guru
12) Terakhir semua siswa
diminta menerapkan perilaku-perilaku positif dalam berbudi pekerti, misalnya:
c. Kegiatan
Akhir/Penutup
·
Bersama-sama siswa menyimpulkan hasil belajar sesuai dengan hasil
klarifikasi
·
Bertanya jawab lisan untuk mengetahui penguasaan materi yang telah
dipelajari selama pembelajaran (evaluasi hasil belajar)
·
Mengumpulkan portofolio siswa tentang kebhinnekaan
·
Mengajak semua siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
VI.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
·
Gambar-gambar tentang macam-macam pakaian adat daerah
·
Lingkungan sekitar (tata cara kehidupan
daerah)
·
Buku Teks siswa (Bahasa Indonesia, PKn dan IPS)
·
Kurikulum mata pelajaran (Bahasa
Indonesia, PKn, dan IPS)
VII.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
-
Penilaian proses
-
Post Tes
2.
Jenis Tes
Tes tertulis
3.
Bentuk Tes
Isian singkat
4.
Alat penilaian
LKS
Soal
A.
BAHASA INDONESIA
Berkelompoklah dengan
teman sebangkumu !
Jawablah pertanyaan di
bawah ini !
1.
Dari mana asal Martinus ?
2.
Dari suku apa Martinus itu ?
3.
Adi berasal dari suku apa ?
4.
Apa saja perbedaan antara Adi dan Martinus ?
5.
Mengapa adi bersahabat dengan martinus meskipun banyak
perbedaan ?
B.
PKN
Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan benar !
1.
Semboyan negara manakah Bhinneka Tunggal Ika ?
2.
Apa artinya Bhinneka Tunggal Ika ?
3.
Berasal dari pulau manakah Suku Lampung ?
4.
Berasal dari manakah Suku Madura ?
5.
Berasal dari manakah Suku Bali ?
C.
IPS
1.
Apakah kalian memiliki pengalaman
berteman dengan teman yang berbeda
suku atau agama?
2.
Bagaimana caramu menjaga kerukunan
dengan teman yang berbeda suku
atau agama?
3.
Bagaimana caramu menjaga kesehatan
rumah?
4.
Berikan 3 contoh kerja sama di rumah !
5.
Berikan 3 contoh kerja sama di sekolah !
Kunci Jawaban
BAHASA INDONESIA
1.
Papua
2.
Dani
3.
Jawa
4.
Adi berasal dari suku Jawa dan beragama Islam sedangkan Martinus berasal dari suku Dani
dari Papua dan beragama Kristen.
5.
Karena perbedaan tidak menjadi penghalang bagi
persahabatan mereka.
PKN
1.
Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.
berbeda-beda tetapi tetap satu
3.
Pulau Sumatera
4.
Jawa Timur
5.
Pulau Bali
IPS
Berdasarkan kebijakan guru
Pedoman
Penilaian
NA =
X 100
VIII.
SUMBER RUJUKAN
-
Sriwilujeng, Dyah
dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu Dengan Pendekatan Tematik. Malang :
Penerbit PT. Gelora Aksara Pratama
-
Kusuma, Anis dan
Sunarso. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 3. Jakarta : Pusat Perbukuan
Depdiknas
Mengetahui
Kepala Sekolah
NUR SAID, A.Ma.Pd
NIP. 196107131984121003
|
Way Kenanga, 07 Mei 2014
Guru Tematik
AHMAD YUSUP
NIP. 198204242010011025
|
BAHAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 3 SEMESTER 2
TEMA : BHINNEKA
TUNGGAL IKA
|
1 . BAHASA INDONESIA
AKU DAN TEMANKU
Martinus siswa kelas 3 baru pindah dari Papua ke Jawa
mengikuti ayahnya yang bekerja sebagai pedagang. Romberu ayah Martinus. Romberu
memutuskan untuk pindah karena istrinya berasal dari Jawa Tengah dan ingin
menetap di jawa dan bertetangga dengan Adi.
Adi bersahabat dengan Martinus. Mereka berdua satu
sekolah. Mereka berangkat ke sekolah dan belajar bersama. Mereka tidak pernah
bertengkar karena semua selalu dibicarakan terlebih dahulu.
Adi berasal dari suku Jawa dan Martinus berasal dari suku
Dani dari Papua. Adi beragama Islam, sedangkan Martinus beragama Kristen. Selain
perbedaan itu mereka juga mempunyai perbedaan kesukaan. Warna baju yang disukai
tidak sama, makanan juga tidak sama. Akan tetapi, perbedaan itu tidak menjadi
penghalang bagi persahabatan mereka.
Pada suat hari ketika libur sekolah, Adi dan Martinus
akan pergi bersama. Mereka akan mengisi waktu liburan di kolam renang. Pada jam
07.00 pagi Martinus ke rumah Adi.
“Adi ! ....”
Martin panggilan akrabnya memanggil-manggil Adi karena
sudah berjanji akan pergi berenang bersama di taman rekreasi.
“Tunggu dulu Mar! Aku masih menyelesaikan pekerjaanku
membantu ayah. Aku harus membersihkan rumah dulu, kemudian mengepel lantai
setelah itu kita baru bisa main.”
“Aku menunggu di luar saja Di! Selesaikan saja tugasmu!
Di luar lebih santai.”
Martinus bergegas menuju tempat duduk di bawah pohon
mangga yang rindang sambil menunggu adi menyelesaikan tugas-tugas di rumahnya.
Angin sepoi di bawah pohon membuat Martinus merasa nyaman.
Setelah Adi selesai mengerjakan tugasnya barulah mereka
bersiap-siap untuk pergi bermain.
“Ayo Mar! Kalau sekarang aku bebas bermain karena tugasku
di rumah sudah selesai.”
“Mar! Apa kamu tidak membantu ayahmu?”
“Tidak Di! Semua sudah dikerjakan ibu dan ayahku. Tapi
kalau aku pikir-pikir berat juga ya kalau tidak dibantu. Mulai besok aku akan
bantu ayahku di! Kasihan juga kalau semua pekerjaan dikerjakan sendiri. Padahal
orang tua kita kan sudah bekerja untuk membiayai kita sekolah.”
“Itu baru pemikiran bagus ! janji dalam hatimu Mar!
Jangan bilang ke aku!”
“Mulai besok aku akan membantu ayah dan ibu mengerjakan
pekerjaan rumah.”
“Ayolah Mar! Jangan sampai Kesiangan. Sekarang sudah jam
08.00. kita naik sepeda saja! Supaya hemat! Badan kita juga menjadi sehat. Olahraga
dengan naik sepeda bagus juga karena mengeluarkan keringat.”
“Di!... jangan lupa ... nanti tolong ajari aku berenang
ke tempat yang agak dalam.”
2 . PKN
Bhinneka Tunggal Ika
Bhinneka Tunggal Ika adalah sebuah semboyan Negara
Republik Indonesia yang dipakai sebagai tuntunan atau pegangan hidup. Bhinneka
Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Meskipun bangsa Indonesia
berbeda agama, bahasa, adat istiadat, budaya dan sebagainya, tetapi tetap satu
bangsa yaitu bangsa Indonesia.
perbedaan yang ada ini tidak menjadi alasan adanya perpecahan, tetapi merupakan kekayaan bangsa yang harus tetap dijaga, dilestarikan, dan kita banggakan. Di dalam perbedaan itu ada kelebihan dan keindahan tersendiri.
perbedaan yang ada ini tidak menjadi alasan adanya perpecahan, tetapi merupakan kekayaan bangsa yang harus tetap dijaga, dilestarikan, dan kita banggakan. Di dalam perbedaan itu ada kelebihan dan keindahan tersendiri.
Macam-macam suku di Indonesia antara lain :
a.
Suku Jawa dari Jawa Tengah
b.
Suku Madura dari Jawa Timur
c.
Suku Sunda dari Jawa Barat
d.
Suku Badui dari Banten
e.
Suku Bali dari Bali
f.
Dan Suku Lampung dari Sumatera.
g.
Dan sebagainya.
3 . IPS
Bentuk-bentuk kerja sama
Kerja sama adalah
melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan secara bersama-sama di antara beberapa
orang.
Kerja sama di rumah
dapat dilakukan dalam beberapa kegiatan sebagai berikut:
- membersihkan dan
merapikan rumah,
- membuat kandang hewan
ternak,
- mempersiapkan acara
ulang tahun, serta
- mempersiapkan tamasya
untuk mengisi liburan.
Kerja sama di sekolah
dapat dilakukan dalam beberapa kegiatan sebagai berikut:
- melaksanakan piket
kelas,
- menyelenggarakan
pertandingan olahraga,
- mempersiapkan acara
kemah,
- kerja bakti
membersihkan halaman sekolah, dan
- mengerjakan tugas
kelompok dari guru.
Kerja sama di
kelurahan atau desa dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan-kegiatan sebagai
berikut:
- membersihkan dan
merapikan jalan,
- menjaga keamanan dan
ketertiban lingkungan,
- mendirikan gapura
kampung,
- membantu warga yang
sedang hajatan,
- memperbaiki jembatan
yang rusak, serta
- menanggulangi bencana
banjir.
LEMBAR KERJA SISWA
MATA PELAJARAN TERPADU KELAS 3 SEMESTER 2
TEMA : BHINNEKA
TUNGGAL IKA
|
TUGAS PORTOFOLIO KELOMPOK
NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
..........................................................
..........................................................
BAHASA INDONESIA
Berkelompoklah dengan
teman sebangkumu !
Jawablah pertanyaan di
bawah ini !
1.
Dari mana asal Martinus ?
2.
Dari suku apa Martinus itu ?
3.
Adi berasal dari suku apa ?
4.
Apa saja perbedaan antara Adi dan Martinus ?
5.
Mengapa adi bersahabat dengan martinus meskipun banyak
perbedaan ?
6.
Bagaimana cara Adi menjaga kesehatan rumahnya ?
7.
Janji apakah yang akan dilakukan Martinus ?
8.
Mengapa Martinus menunggu Adi ?
9.
Berapa lama Martinus menunggu Adi ?
10. Martinus minta tolong
kepada Adi untuk diajari apa ?
PKN
Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan benar !
1.
Semboyan negara manakah Bhinneka Tunggal Ika ?
2.
Apa artinya Bhinneka Tunggal Ika ?
3.
Berasal dari pulau manakah Suku Lampung ?
4.
Berasal dari manakah Suku Madura ?
5.
Berasal dari manakah Suku Bali ?
IPS
1.
Apakah kalian memiliki pengalaman berteman dengan teman
yang berbeda suku atau agama?
2.
Bagaimana caramu menjaga kerukunan dengan teman yang
berbeda suku atau agama?
3.
Bagaimana caramu menjaga kesehatan rumah?
4.
Berikan 3 contoh kerja sama di rumah !
5.
Berikan 3 contoh kerja sama di sekolah !
ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
1.
NAMA MAHASISWA
2.
NIM
3.
TEMPAT MENGAJAR
4.
KELAS/SEMESTER
5.
MATA PELAJARAN
6.
TEMA
7.
WAKTU
8.
TANGGAL
|
:
:
:
:
:
:
:
:
|
AHMAD YUSUP
821981667
SDN 02 BALAM JAYA
III / 2
1.
BAHASA INDONESIA
2.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
3.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
BHINNEKA TUNGGAL IKA
07.30 S.D 09.15
07 MEI 2014
|
PETUNJUK :
Baca dengan cermat rencana
pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh
guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana
tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini.
1. Menentukan tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
1.1 Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3 mata pelajaran
|
|
||||||||||||||||||
1.2 Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan Standar Isi dan Kompetensi
|
|
||||||||||||||||||
1.3 Merumuskan tujuan/indikator
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
2.
Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
|
|||||||||||||||||||
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari 3 mata pelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.2 Menentukan dan mengembangkan alat bantu / media pembelajaran
|
|
||||||||||||||||||
2.3 Memilih sumber
belajar
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
3.
Merencanakan
skenario kegiatan pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
3.1
Menentukan jenis
kegiatan pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.2
Menyusun
langkah-langkah pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.4
Menentukan alokasi
waktu pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
3.5
Menentukan
cara-cara memotivasi siswa
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
4.
Merancang
pengelolaan kelas
|
|||||||||||||||||||
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi
dalam pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
5.
Merencanakan
prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian
|
|||||||||||||||||||
5.1
Menentukan prosedur
dan jenis penilaian
|
|
||||||||||||||||||
5.2
Membuat alat-alat
penilaian dan kunci jawaban
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
6.
Tampilan dokumen
rencana pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||||||
6.1 Kebersihan dan kerapian
|
|
||||||||||||||||||
6.2 Penggunaan bahasa tulis
|
|
||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||
7
Tampilan Lembar
Peta Jaring-jaring Tematik
|
|||||||||||||||||||
Kreatifitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik
|
|
||||||||||||||||||
|
Nilai APKG 1 = R
R = Rata-rata Butir
|
Mengetahui
Kepala SDN 02 Balam Jaya
NUR SAID, A. Ma. Pd
NIP. 196107131984121003
|
Way Kenanga, 07 Mei 2014
Pengamat
Teman Sejawat,
DWI KUSUMAWATI, S. Pd
NIP. 196811211999032001
|
ALAT PENILAIAN
KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU
NAMA MAHASISWA
NIM
ALAMAT SEKOLAH
KELAS/SEMESTER
TEMA
MATA PELAJARAN
TANGGAL
KELOMPOK BELAJAR
UPBJJ-UT
|
:
:
:
:
:
:
:
:
:
|
AHMAD YUSUP
821981667
SDN 02 BALAM JAYA
III / 2
BHINNEKA TUNGGAL IKA
1.
BAHASA INDONESIA
2.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
3.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
07 Mei 2014
BANJAR AGUNG
BANDAR LAMPUNG
|
PETUNJUK :
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang
berlangsung.
2. Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru
dalam mengelola pembelajaran serta
dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran,
pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang
diajarkan.
1. Melakukan pembelajaran
|
|
||||||||||
a. Melaksanakan tugas rutin kelas
|
|
||||||||||
b. Memulai kegiatan pembelajaran
|
|
||||||||||
c. Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
|
||||||||||
d. Melaksanakan kegiatan dalam pembelajaran
secara individual, kelompok, atau klasikal
|
|
||||||||||
e. Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi, dan lingkungan
|
|
||||||||||
f. Menggunakan media belajar yang sesuai dengan
indikator/tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
|
|
||||||||||
g. Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien
|
|
||||||||||
h. Mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
2. Mengelola interaksi kelas
|
|||||||||||
a. Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat
terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa
|
|
||||||||||
b. Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
|
|
||||||||||
c. Melakukan komunikasi secara efektif
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
3. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan (isi
yang sesuai dengan RP Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)
|
|||||||||||
a. Bahasa Indonesia
|
|||||||||||
1) Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa
Indonesia
|
|
||||||||||
2) Memberikan latihan keterampilan berbahasa
|
|
||||||||||
3) Mengembangkan kemampuan siswa untuk
berkomunikasi dan bernalar
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
b. IPS
|
|||||||||||
1) Mengembangkan pemahaman konsep waktu
|
|
||||||||||
2) Mengembangkan pemahaman konsep ruang
|
|
||||||||||
3) Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan
(scarcity)
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
c. PKn
|
|||||||||||
1) Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus
dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
||||||||||
2) Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
||||||||||
3) Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
4. Melaksanakan penilaian proses dan hasil
belajar
|
|||||||||||
a. Melaksanakan penilaian selama proses
pembelajaran
|
|
||||||||||
b. Melaksanakan penilaian hasil belajar pada
akhir pembelajaran
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
5. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
|
|||||||||||
a. Peka terhadap kemampuan berbahasa
|
|
||||||||||
b. Penampilan guru dalam pembelajaran
|
|
||||||||||
c. Keefektifan pembelajaran terpadu
|
|
||||||||||
|
|||||||||||
Nilai
APKG 2 = K
R =
Rata-rata Butir
|
Mengetahui
Kepala SDN 02 Balam Jaya
NUR SAID, A. Ma. Pd
NIP. 196107131984121003
|
Way Kenanga, 07 Mei 2014
Pengamat
Teman Sejawat,
DWI KUSUMAWATI, S. Pd
NIP. 196811211999032001
|
LEMBAR REFLEKSI
PELAKSANAAN PRAKTEK
PEMBELAJARAN TERPADU
Nama Mahasiswa : Ahmad Yusup
NIM : 821981667
Nama
Sekolah : SDN 2 Balam Jaya
Jumlah
Siswa : 35 0rang
1.
Bagaimana cara saya memilih tema untuk pembelajaran terpadu?
Jawab :
Dengan cara menyusun dan
mengembangkan materi-materi pembelajaran dari ketiga mata pelajaran sehingga
saling terkait dan terpadu di dalam sebuah tema.
2.
Apakah yang saya rasakan saat saya melakukan praktek
pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?
Jawab :
Saya merasa senang karena siswa saya lebih mudah memahami materi yang saya sampaikan.
3.
Masalah / kendala apa yang saya alami saat melakukan praktek
pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri ?
Jawab :
Dalam menyampaikan materi yang ada kaitannya dengan Bahasa Indonesia saya perlu waktu
agak lebih
banyak
4.
Bagaimana reaksi / kesan siswa saya pada saat saya melakukan
praktek pembelajaran dikelas?
Jawab :
Secara keseluruhan semua siswa antusias dengan system
pembelajaran seperti ini karena siswa lebih aktif dan mereka sangat senang.
5.
Apakah komentar / saran teman sejawat / Kepala sekolah
terhadap penampilan saya saat praktek melaksanakan pembelajaran terpadu ?
Jawab :
Alhamdulillah
teman sejawat saya dan kepala sekolah sangat
mengapresiasi pada saat saya melakukan pembelajaran ini.

2 komentar:
min mnta lanjutan yg tema kekayaan alam
Silabusnya mana kak?
Posting Komentar