PDGK4105 Strategi Pembelajaran di SD Modul 1

| Minggu, 05 April 2015
MODUL 1
HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN

Kegiatan belajar 1
Konsep dan prinsip belajar dan pembelajaran

1.            Belajar memiliki tiga atribut pokok ialah:
a.       Belajar merupakan proses mental dan emosional atau aktivitas pikiran dan perasaan.
b.      Hasil belajar berupa perubahan perilaku, baik yang menyangkut kognitif, psikomotorik, maupun afektif.
c.       Belajar berkat mengalami, baik mengalami secara langsung maupun mengalami secara tidak langsung (melalui media). Dengan kata lain belajar terjadi di dalam interaksi dengan lingkungan. (lingkungan fisik dan lingkungan sosial).

2.            Supaya belajar terjadi secarta efektif perlu diperhatikan beberapa prinsip antara lain:
a.       Motivasi, yaitu dorongan untuk melakukan kegiatan belajar, baik motivasi intrinsik maupun          motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik dinilai lebih baik, karena berkaitan langsung dengan tujuan  pembelajaran itu sendiri.
b.      Perhatian atau pemusatan energi psikis terhadap pelajaran erat kaitannya dengan motivasi. Untuk memusatkan perhatian siswa terhadap pelajaran bisa didasarkan terhadap diri siswa itu sendiri dan atau terhadap situasi pembelajarannya.
c.       Aktivitas. Belajar itu sendiri adalah aktivitas. Bila fikiran dan perasaan siswa tidak terlibat aktif dalam situasi pembelajaran, pada hakikatnya siswa tersebut tidak belajar. Penggunaan metode dan media yang bervariasi dapat merangsang siswa lebih aktif belajar.
d.      Umpan balik di dalam belajar sangat penting, supaya siswa segera menge-tahui benar tidaknya pekerjaan yang ia lakukan. Umpan balik dari guru sebaiknya yang mampu menyadarkan siswa terhadap kesalahan mereka dan meningkatkan pemahaman siswa akan pelajaran tersebut.
e.       Perbedaan individual adalah individu tersendiri yang memiliki perbedaan dari yang lain. Guru hendaknya mampu memperhatikan dan melayani siswa sesuai dengan hakikat mereka masing-masing. Berkaitan dengan ini catatan pribadi setiap siswa sangat diperlukan.

3.            Pembelajaran merupakan suatu sistem lingkungan belajar yang terdiri dari unsur: tujuan, bahan pelajaran, strategi, alat, siswa, dan guru. 
Semua unsur atau komponen tersebut saling berkaitan, saling mempengaruhi; dan semuanya berfungsi dengan berorientasi kepada tujuan Variabel Strategi Belajar Mengajar


Kegiatan belajar 2
Perbedaan pendekatan,strategi,metode dan teknik pembelajaran

1.      Pendekatan strtegi, metode dan teknik pembelajaran pada hakikatnya tidak dapat di pisahkan. Ke empat istilah tersebut merupakan satu kesatuan dalam pembelajaran
2.      Pendekatan strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang akan dan atau sedang di gunakan dapat di ketahui dari langkah langkh pembelajaran yang telah tersusun atau sedang terjadi
3.      Pendekatan epmbelajaran adalah cara umum dalam memandang pembelajaran
4.      Strategi pembelajaran adalah ilmu dan kiat di dalam memanfaatkan segala sumber belajar yang di miliki dan yang dapat di kerahkan untuk mencapai tujuan pembelajran yang telah di tetapkan
5.      Metode mengajar adalah berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu
6.      Teknik pembelajaran mengambarkan langkah langkah menggunakan metode mengajar, yang sifat lebih opersional
7.      Faktor faktor yang perlu di perhatikan dalam penentu teknik pembelajaran diantaranya adalah kemampuan dan kebiasaan guru ketersedian sarana dan waktu , srta kesiapan siswa


Kegiatan belajar 3
Faktor faktor penentu dalam pemilihan strategi dan pembelajaran

1.      Faktor faktor yang perlu di pertimbangkan dalam dalam memilih strategi pembelajaran ialah      tujuan pembelajaran, jenis dan tingkat kesulitan materi pelajarn, sarana, waktu yang tersedia,  siswa, dan guru.
2.      Gagne mengklasifikasi hasil hasil belajr atau tujuan pembelajaran kedalam lima jenis tujuan beljar sebagai berikut.
a.       Kterampilan intlektual dengan tahapan tahapannya :
-   Kemampuan membedakan ( diskriminasi )
-   Kemampuan mengenal konsep konkret
-   Kemampuan memahami konsep terdefinisi
-   Kemampuan meggunakan aturan, rumus hukum dalili prinsip
-   Kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai aturan
b.      Strategi kognitif yaitu kemampuan memilih dan mengubah cara – cara memberikan perhatian , belajar mengingat dan berfikir
c.       Informasi verbal yaitu menyimpan nama / label fakta, dan pengetahuan dalam ingatan
d.      Keterampilan motorik yaitu kemampuan melakukan kegiatan – kegiatan fisik
e.       Sikap yaitu kemampuan menampilakn prilaku yang bermuatan nilai nilai

3.      Setiap jenis tujuan pembelajaran menurutperoses pembentukan yang berbeda tujuan yang bersifat penguasaan pengetahuan menuntut kegiatan pengkajian. Tujuan yang bersifat penguasaan keterampilan menutut kegiatan berlatih. Sementara itu, tujuan yang bersifat sikap dan nilai menuntut kegiatan penghayatan terhadap sikap dan nilai yang di harapkan di kuasai.
4.      Yang perlu di pertimbangkan dari faktor siswa di dalam memilih strategi pembelajaran, antara lain :
a.       Siswa sebagai pribadi tersendiri memiliki perbedaan dari siswa lain
b.      Jumlah siswa yang mengikuti pelajaran
5.      Faktor fasilitas, ruang dan waktu yang perlu di pertimbangkan dalam memilih strategi pembeljaran ialah:
a.       Jumlah karakteristis alat pembelajaran dan peraga
b.      Jumlah karakteristik sumber pembelajaran ( bahan cetakan dan lingkungkungan )
c.       Ketersediaan ruangan yang di butuhkan
d.      Jumlah waktu yang tersedia
6.      Faktor guru yang akan mempengaruhi penggunaan strategi pembelajaran ialah kemampuan menguasai bahan pelajaran dan kemampuan mempelajarkan siswa


Kegiatan belajar 4
Berbagai jenis strategi pembelajaran

1.              Atas dasar pertimbangan proses pengolahan pesan.
a.                Strategi Deduktif. Dengan Strategi Deduktif materi atau bahan pelajaran diolah dari mulai yang umum, generalisasi atau rumusan, ke yang bersifat khusus atau bagian-bagian. Bagian itu dapat berupa sifat, atribut atau ciri-ciri. Strategi Deduktif dapat digunakan dalam mengajarkan konsep, baik konsep konkret maupun konsep terdefinisi.

b.               Strategi Induktif. Dengan Strategi Induktif materi atau bahan pelajaran diolah mulai dari yang khusus (sifat, ciri atau atribut) ke yang umum, generalisasi atau rumusan. Strategi Induktif dapat digunakan dalam mengajarkan konsep, baik konsep konkret maupun konsep terdefinisi.

2.              Atas dasar pertimbangan pihak pengolah pesan.
a.               Strategi Ekspositorik. Dengan Strategi Ekspositorik bahan atau materi pelajaran diolah oleh guru. Siswa tinggal “terima jadi” dari guru. Dengan Strategi Ekspositorik guru yang mencari dan mengolah bahan pelajaran, yang kemudian menyampaikannya kepada siswa. Strategi Ekspositorik dapat digunakan di dalam mengajarkan berbagai materi pelajaran, kecuali yang sifatnya pemecahan masalah.
b.               Strategi Heuristik. Dengan Strategi Heuristik bahan atau materi pelajaran diolah oleh siswa. 
Siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan pelajaran. Guru sebagai fasilitator memberikan dorongan, arahan, dan bimbingan. Strategi Heuristik dapat digunakan untuk mengajarkan berbagai materi pelajaran termasuk pemecahan masalah. Dengan Strategi Heuristik diharapkan siswa bukan hanya paham dan mampu melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, akan tetapi juga akan terbentuk sikap-sikap positif, seperti: kritis, kreatif, inovatif, mandiri, terbuka. Strategi Heuristik terbagai atas Diskoperi dan Inkuiri

3.              Atas Dasar Pertimbangan Pengaturan Guru
1)             Strategi Seorang Guru. Seorang guru mengajar kepada sejumlah siswa
2)             Strategi Pengajaran Beregu (Team Teaching). Dengan Pengajaran Beregu, dua orang atau lebih guru mengajar sejumlah siswa. 

Pengajaran Beregu dapat digunakan di dalam mengajarkan salah satu mata pelajaran atau sejumlah mata pelajaran yang terpusat kepada suatu topik tertentu.

4.              Atas Dasar Pertimbangan Jumlah Siswa
a.              Strategi Klasikal
b.              Strategi Kelompok Kecil
c.              Strategi Individual.

5.              Atas Dasar Pertimbangan Interaksi Guru dengan Siswa. 
a.       Strategi Tatap Muka. Akan lebih baik dengan menggunakan alat peraga. 

b.      Strategi Pengajaran Melalui Media. Guru tidak langsung kontak dengan siswa, akan tetapi guru “mewakilkan” kepada media. Siswa berinteraksi dengan media.

0 komentar:

Next Prev
▲Top▲