PDGK4105 Strategi Pembelajaran di SD Modul 3 dan 4

| Minggu, 05 April 2015
MODUL 3
Model-Model dan Rumpun Pembelajaran


Kegiatan belajar 1
Model model pembelajaran        

Belajar kolaboratif adalah suatu kegiatan belajar antara dua orang atau lebih yang dilakukan secara bekerja sama dalam suatu kelompok untuk memecahkan suatu masalah guna mencapai tujuan tertentu. Inti dari belajar kolaboratif yatu adanya kerja sama antara dua orang siswa atau lebih, memecahkan masalah secara bersama-sama, dan adanya tujuan yang ingin dicapai.

Ada dua unsur penting dalam belajar kolaboratif yaitu tujuan yang sama dan rasa ketergantungan yang positif antar anggota kelompok. Oleh karena itu untuk mencapai tujuantertentu setiap siswa harus mempunyai rasa ketergantungan yang positif maksudnya setiap anggota kelompok akan berhasil mencapai tujuan apabila seluruh anggotanya bekerja sama


Kegiatan belajar 2
Rumpun model mengajar

A.    Rumpun Model Sosial
1.            Partner dalam Belajar
Membantu pelajar bekerja secara efektif, dan membuat pelajar belajar secara lintas bidang studi dalam suatu kurikulum, mengembangkan rasa solidaritas serta untuk memperoleh informasi dan keterampilan melalui inkuiri dari suatu akademik.

2.            Investigasi Kelompok
Investigasi kelompok menekankan rencana pada pengaturan kelas umum atau konvensional. Rencana tersebut meliputi pendalaman materi terpadu secara kelompok, diskusi, dan perencanaan proyek.
3.            Bermain Peran
Bermain peran itu adalah guru mengajak siswa untuk memahami prilaku sosial, peranannya dalam interaksi sosial dengan cara-cara yang lebih efektif atau membuat pelajar menorganisasikan informasi isu-isu sosial.
4.            Inkuiri Yurispedensi
Inkuiri Yurispedensi ini mengajak pelajar berpikir atas isu-isu sosial mengenai masyarakat suatu Negara, di tingkat nasional maupun internasional. Tujuan model ini untuk mempelajari kasus – kasus yang ada kemudian dikaitkan dengan kebijakan-kebijakan public.
5.            Keperibadian dan Gaya Belajar
Dalam model ini dikemukakan adanya gaya belajar pebelajar dan seorang guru harus yakin bahwa semua dapat dikembangkan, perkembangan dapat terjadi secara optimal apabila lingkungan menyediakan cara kerja secara konseptual.
6.            Inkuiri sosial
Model ini dirancang untuk mengajarkan informasi, konsep-konsep, cara berfikir, studi tentang nilai-nilai sosial dengan menghubungkan aspek konitif dan sosial


B.     Rumpun Model Pemrosesan Informasi
1.      Berpikir Positif
Model ini adalah cara belajar untuk mendapatkan dan mengorganisasikan informasi serta menciptakan dan menguji hipotesis yang mendiskripsikan hubungan di antara serangkaian data.


2.      Pencapaian Konsep
Model ini adalah cara berpikir yang efektif untuk penyajian informasi yang terorganisasi dan topik-topik yang berskala luas kepada pebelajar pada setiap tahap perkembangan.
3.      Inkuiri Ilmiah
Model belajar yang membawa pebelajar ke proses ilmiah dan dibantu mengumpulkan dan menganalisis data, meengecek hipotesis dan teori serta mencerminkan hakikat pembentukan pengetahuan.
4.      Latihan Inkuiri
Yaitu model yang memberikan rancangan untuk mengajar pebelajar menghubungkan alasan sebab akibat dan menjadi lebih baik serta tepat dalam mengajukan pertanyaan, membentuk konsep, dan hipotesis serta mengujinya.
5.      Mnemonik
Merupakan strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi.
6.      Sinektika
Yaitu model yang dirancang untuk membantu pebelajar memecahkan masalah dan menulis kegiatan-kegiatan serta menambahkan  pandangan-pandangan baru pada topik-topik dari suat bidang ilmu yang luas.
7.      Pengorganisasi awal
Model yang dirancang untuk memberikan struktur kognitif kepada pebelajar untuk memahami materi melalui kuliah, membaca, dan media yang lain.
8.      Penyesuaian dengan Pebelajar
Yaitu model yang membantu menyesuaikan pembelajaran pada suat tahap kematangan pebelajar secara individual dan merancang serta meningkatkan perkembangan pebelajar. 

C.     Rumpun Model Personal
1.      Pengajaran Nondirektif
Yaitu model yang menekankan kerja sama antara guru dan murid.
2.      Peningkatan harga diri
Yaitu model yang digunakan untuk membimbing suat program dalam  hal rasa harga diri dan kemampuan aktualisasi diri.

D.    Rumpun Model Sistem Perilaku 
1.      Belajar tuntas dan pembelajaran terprogram
Yaitu suat model pembelajaran yang mempelajari materi yang dipecah menjadi unit-unit dari yang sederhana hingga ke yang kompleks. Materi tersebut dipelajari hingga tuntas.
2.      Pembelajaran langsung
Yaitu suat model pembelajaran yang disusun dari studi tentang perbedaan antara guru  mengajar yang lebih efektif dan kurang efektif  serta dari teori belajar sosial.
3.      Belajar melalui simulasi : latihan dan latihan mandiri
Yaitu model pembelajaran yang menggabungkan informasi tentang keterampilan dengan demonstrasi, praktik, balikan, dan latihan sampai suatu  keterampilan  dikuasai.














Modul 4
Prosedur pembelajaran

Kegiatan belajar 1
Kegiatan pra dan awal pembelajaran

Keberhasilan proses pembelajaran di antaranya sangat di pengaruhi oleh kegiatan pendahuluan pembelajaran adalah alat untuk menciptakan awal pembelajaran yang efektif sehingga siswa siap secara penuh dalam mengikuti kegiatan inti dalam pembelajaran.
Pembelajaran adalah sebagai berikut :
a.       Kegiatan pembelajaran
v  Menciptakan sikap dan suasana kelas yang menarik
v  Memeriksa kehadiran siswa
v  Menciptakan kesiapan belajar siswa
v  Membantu atau membimbing siswa dalam mempersiapkan fasilitas/sumber belajar yang diperlukan dalam kegiatan belajar.
v  Menciptkan kondisi belajar untuk meningkatkan peratian siswa dalam belajar
v  Menunjukkan minat dan penuh semangat yang tinggi dalam mengajar
v  Mengontrol seluruh aktivitas siswa mulai dari awal sampai akhir pembelajaran
v  Menggunakan berbagai media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan minat siswa
v  Mengembangkan kegiatan belajar yang  memungkinkan siswa dapat melakukannya   
v  Menciptakan suasana belajar yang demokratis

b.      Kegitan awal pembelajaran
v  Menimbulkan motivasi dan perhatian siswa
v  Memberi acuan
v  memberitahukan tujuan  yang diharapkan atau garis besar materi yang dipelajari
v  menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang akan ditempuh siswa
v  Membuat kaitan
v  Mengajukan pertanyaan tentang bahan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya
v  Menunjukkan manfaaat materi yang dipelajari
v  Meminta siswa mengemukakan pengalaman yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas
v  Melaksanakan tes awal
                          

Kegiatan belajar 2
Kegiatan inti dalam pembelajaran
Adalah peranan penting dalam rangka mencapai tujuan yang telah di tetapkan dalam kurikulum kegiatan inti pembelajaran di arahkan pada  peroses pembelajaran hendaknya melibatkan siswa sebnyak mungkin, yang memenuhi kebutuhan siswa baik secara individual maupun perkelompok untuk itu kegiatan inti hendaknya merupakan kegiatan yang bervariasi.
1.      Pembahasan materi pelajaran dalam pembelajaran klasikal
a.       Prinsip-prinsip pembelajaran klasikal
o   Sistematis
o   Perhatian dan aktivitas
o   Media pembalajaran
o   Latihan atau penugasan
b.      Kegiatan inti dalam pembelajaran klasikal
o   Menyajikan bahan pelajaran dengan ceramah bervariasi
o   Melakukan asosiasi dan memberikan ilustrasi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahan pelajaran yang lain dengan cara menghubungkan atau mengaitkan materi yang sedang dipelajari dengan situasi nyata atau dengan bahan pelajaran yang lain atau dengan pelajaran yang menggambarkan sebab akibat.

2.      Pembahasan materi pelajaran dalam pembelajaran kelompok
a.       Prinsip-prinsip pembelajaran kelompok
o   Adanya topik dan permasalahan
o   Pembentukan kelompok
o   Kerja sama
o   Perhatian’
o   Motivasi
o   Sumber belajar dan fasilitas
o   Latihan dan tugas

b.      Kegiatan inti dalam pembelajaran kelompok
o   Merumuskan masalah berdasarkan topik pembahasan dan tujuan pembelajaran
o   Mengidentifikasi masalah atau sub-sub masalah berdasarkan  permasalahan yang telah dirumuskan
o   Analisis masalah berdasarkan sub-sub masalah.
o   Menyusun laporan oleh masing-masing kelompok
o   Presentasi kelompok atau melaporkan hasil diskusi kelompok kecil pada seluruh kelompok dilanjutkan diskusi  kelas yang langsung dibimbing oleh guru.

3.      Pembahasan materi pembelajaran dalan pembelajaran perseorangan
a.       Menjelaskan secara singkat tentang materi pelajaran yang akan ditugaskan atau yang akan dilatihkan kepada siswa
b.      Memberikan lembaran kerja atau tugas
c.       Memantau dan menilai kegiatan siswa





Kegiatan pembelajaran 3
Kegiatan akhir dan tindaklanjut pembelajaran
Kegiatan ini di lakukan untuk meyakinkan guru terhadap penguasaan kompetensi oleh siswa dan upaya pemantapan penguasaan kompetensi yang di harapkan kegiatan ini harus di laksanakan secara sistem matis,efektif,efisien,dan fleksibel.kegiatan yang dapat di laksanakan dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah :
1.              Meninjau kembali penguasaan siswa
2.              Melaksanakan penilaian

Kegiatan tidak lanjut yang dapat di lakukan guru :
1.      Memberikan tugas atau latihan”
2.      Menjelaskan kembali bahan ajaran yang belum di kuasai
3.      Menugaskan membacakan materi yang tertentu
4.      Memberikan motivasi atau bimbingan belajar

5.      Mengungkapkan topik bahasan yang akan datang

1 komentar:

{ Unknown } at: 21 Okt 2020, 11.16.00 mengatakan...Reply

Sangat memuaskan

Next Prev
▲Top▲